Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Hingga 13 November 2022 Capai Rp924 Miliar

- Senin, 14 November 2022 | 17:29 WIB
Pameran kendaraan bermotor menjadi salah satu upaya Bapenda genjot PAD. (Dok. Bapenda Banten)
Pameran kendaraan bermotor menjadi salah satu upaya Bapenda genjot PAD. (Dok. Bapenda Banten)

REFERENSI BERITA - Bapenda Banten terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Hingga 13 November 2022, ada sekitar Rp924 miliar yang berhasil dikumpulkan Bapenda Banten.

“Pajak PKB sebesar Rp924 miliar lebih tersebut berasal dari 842.139 unit kendaraan. Ini penerimaan PKB sejak 18 Agustus hingga 22 November 2022,” kata Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah Bapenda Provinsi Banten, Ahmad Budiman.

Ia menjelaskan, dalam rangka meningkatkan pendapatan pajak daerah Provinsi Banten, Pj Gubernur Provinsi Banten melalui Bapenda mengeluarkan Pergub Nomor: 24 Tahun 2022 tentang Pengurangan Pokok PKB Dan Denda PKB, BBNKB Penyerahan Kedua, dan Seterusnya dan PBBKB.

Baca Juga: Dituding Sebarkan Berita Bohong, Kadisnaker Banten Terancam Dipidanakan

Peraturan dimaksud memberlakukan diantaranya Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Bebas Pokok dan Denda BBNKB II, dan Pengurangan Pokok PKB 20% untuk kendaraan mutasi masuk dari luar Provinsi Banten Peraturan ini berlaku sejak tanggal 18 Agustus 2022 sampai dengan 31 Desember 2022.

Selain itu, sebelumnya Bapenda Banten bersama Asosiasi Otomotif Banten (AOB) bakal kembali menggelar Banten Automotive Exhibition (BAE) 2022.

Pameran berlangsung di Mall of Serang pada 11-20 November 2022. Pada Jumat (11/11), pameran tersebut dibuka dan dihadiri oleh Kepala Bapenda Banten Opar Sohari, Ketua AOB Tubagus Samsul Maarif, Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin, Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Banten Arlan, dan lainnya.

Baca Juga: AR Minta Pejabat Gubernur Banten dan PT ABM Fokus Tangani Ketahanan Pangan

Dalam pameran ini diikuti sekitar 42 peserta dari kendaraan roda empat, roda dua, leasing, dan asuransi. Beberapa merek kendaraan yang ikut dalam pameran ini antara lain Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, Fuso Mitsubishi, Wuling, Hyundai, DFSK, Daihatsu, Honda Motor, Yamaha, Astra Isuzu, Viar, Vespa, Suzuki Motor, dan lainnya.

Ketua AOB Tubagus Samsul Maarif mengungkapkan, pameran otomotif ini merupakan program dari Bapenda Provinsi Banten dan tahun ini AOB kembali didukung untuk menggelar pameran tersebut. “Untuk bisa menghidupkan lagi dunia otomotif di Banten mendekati akhir tahun,” katanya.***

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X