• Senin, 28 November 2022

Potensi Bencana masih ada, BPBD Banten Imbau Warga tetap Waspada

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 06:44 WIB
Bantuan logistik untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak.  (Referensi Berita)
Bantuan logistik untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak. (Referensi Berita)


REFERENSI BERITA - Pemprov Banten mendirikan Posko bersama dalam rangka menangani korban banjir bandang di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Di dalam Posko bersama itu ada tim dari Basarnas, BPBD Kabupaten Lebak dan beberapa unsur relawan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, Posko bersama itu berfungsi sebagai pusat kordinasi, evaluasi sekaligus sebagai pusat data korban.

Baca Juga: Sinergi Kejati Banten dan Pemprov Banten Perkuat Bank Banten

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil seperti rumah dan fasilitas umum lainnya yang rusak,” katanya saat dihubungi pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Menurut Nana, pihaknya sudah mengimbau masyarakat setempat agar menjauh dari lokasi yang berpotensi terjadinya bencana. “Sebab, kondisi cuaca saat ini masih berpotensi turun hujan,” imbuhnya.

Nana menganalisa, penyebab banjir bandang yang terjadi itu karena kondisi sungai Cibareno yang tidak mampu menampung debit air yang turun wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Hal itu disebabkan karena kondisi sungai yang sudah mengalami pendangkalan.

Baca Juga: Ketua PC NU Kota Serang: Komunikasi Macet, Reformasi Birokrasi di Banten Stagnan

“Apalagi sejak beberapa waktu lalu hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah setempat, termasuk beberapa wilayah lainnya di Provinsi Banten,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten, Nurhana mengatakan, dalam rangka penanganan korban banjir dan longsor di Kabupaten Lebak, pada 10 Oktober 2022 lalu tim dari Dinsos Banten telah melaksanakan beberapa hal.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Daerah Percepat Penyaluran BLT BBM Tahun 2022

Kamis, 22 September 2022 | 07:46 WIB

Terpopuler

X