• Senin, 28 November 2022

Mengenal Kiprah APJI dalam Membangun Industri Kuliner di Tanah Air

- Jumat, 23 September 2022 | 21:21 WIB
Salah satu kegiatan DPD APJI Provinsi Banten. (Referensi Berita)
Salah satu kegiatan DPD APJI Provinsi Banten. (Referensi Berita)



REFERENSI BERITA - Meningkat dan terus berkembangnya industri bidang jasa boga, menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI).

Sebagai lembaga resmi yang menaungi pelaku bisnis kuliner, APJI juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam memajukan dan meningkatkan kapasitas usaha dari para anggotanya.

Demikian diungkapkan Ketua DPD APJI Provinsi Banten, Hj Iin Komala Sari ketika berbincang dengan Referensi Berita belum lama ini.

Baca Juga: Pembatalan Mutasi Empat ASN di Pemprov Banten Bukti adanya Pelanggaran Administrasi

"Kita dituntut menjadi wadah aspirasi bagi anggota untuk kemajuan usahanya, sekaligus bersinergi dengan berbagai program pemerintah dan pihak swasta," ungkap Hj Iin Komala Sari.

Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Jasa Boga Kadin Provinsi Banten ini menerangkan, bisnis kuliner saat ini menempati posisi penting. Karenanya APJI harus turut berkontribusi terhadap dunia kuliner, utamanya dalam pelestarian kuliner Indonesia dan pemberdayaan dan pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang jasa boga.

"APJI memiliki program di dalam dan luar negeri yang terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan usaha jasa boga anggota, sekaligus menjadi kepanjangtanganan pemerintah dalam hal memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia internasional," paparnya.

Baca Juga: Bantu Selamatkan Kehidupan, Bank Banten Gelar Aksi Donor Darah

Menurut Hj Iin Komala Sari, ia dan pengurus APJI Provinsi lainnya bertekad mewujudkan APJI Banten sebagai organisasi yang kuat, berdaya saing, mandiri dan berkontribusi kepada para pelaku jasa boga di Provinsi Banten, dengan tetap menjaga semangat kekeluargaan.

"Kami punya visi menjadikan APJI Banten sebagai mitra pemerintah daerah dalam penentuan kebijakan di sektor catering dan jasa boga. Selain itu kami juga mempersatukan DPC, DPD, DPP untuk bersinergi menyiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi kemajuan teknologi, dengan terus mengembangkan ilmu dan keterampilan anggota," jelasnya.

Yang tak kalah pentingnya, lanjut Hj Iin Komala Sari, adalah meningkatkan kemampuan anggota dalam mengelola catering dan jasa boga dan menyiapkan kebutuhan anggota dalam hal pelatihan dan meliputi keterampilan serta jejaring usaha.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Daerah Percepat Penyaluran BLT BBM Tahun 2022

Kamis, 22 September 2022 | 07:46 WIB

Terpopuler

X