• Selasa, 16 Agustus 2022

GMLS dan LPPM UMN Gelar Pelatihan Mobile Journalism Kebencanaan di Desa Panggarangan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 08:51 WIB
Pelatihan mobile journalism workshop di Villa Hejo Kiarapayung, Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. (Referensi Berita)
Pelatihan mobile journalism workshop di Villa Hejo Kiarapayung, Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. (Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Komunitas Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN), mengadakan mobile journalism workshop di Villa Hejo Kiarapayung, Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Minggu dan Senin, 26-27 Juni 2022 lalu.

Kegiatan ini diikuti 28 orang peserta yang terdiri dari sejumlah pemuda dan pemudi Kecamatan Bayah yang sebagian di antaranya adalah pelajar SMA dan SMK.

Pelatihan dengan tajuk "Masyarakat Berdaya, Waspada Bencana" itu merupakan salah satu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UMN yang difasilitasi tim dari Program Studi Digital Journalism UMN.

Baca Juga: Waroeng Ta'Gentar Gelar Diskusi Film, Hadirkan Aktor Deddy Mizwar

Fasilitator yang terlibat antara lain, Yearry Panji Setianto, Adi Wibowo Octavianto, dan Albertus Magnus Prestianta. Ketiganya memberikan materi seputar dasar-dasar jurnalistik, mengelola data dan informasi kebencanaan dan pemanfaatan teknologi mobile dalam jurnalistik kebencanaan.

Anis Faisal Reza, Ketua GMLS mengatakan, kegiatan ini adalah wujud kolaborasi komunitas dengan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Banten, yang sama-sama memiliki kepedulian dan kesepahaman akan pentingnya peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Banten Selatan.

Baca Juga: Rencanakan Keuangan Gunakan Produk Dana Pensiun, Bantu Masa Depan lebih Baik

"Workshop ini adalah wujud kolaborasi UMN dengan GMLS yang sama-sama memiliki kepedulian, bahwa pengetahuan kesiapsiagaan bencana itu penting dimiliki oleh warga Lebak Selatan, di mana wilayahnya memiliki potensi terjadinya megathrust yang bisa menyebabkan tsunami," papar Anis Faisal Reza.

Hal senada disampaikan Andy Firmansyah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMN. Dia mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi kampus untuk bisa lebih pro aktif membantu dan saling menguatkan untuk segala inisiasi komunitas atau masyarakat, yang dapat memberikan manfaat luas.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X