Puluhan Peserta dari Luar Negeri Belajar Kesiapsiagaan Bencana di Desa Panggarangan

- Senin, 12 Desember 2022 | 11:52 WIB
Peserta Tsunami Community Preparedness Training Course dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Bangladesh dan Seychelles mengunjungi Desa Panggarangan.  (Dok. GMLS/Delvin Roynaldo)
Peserta Tsunami Community Preparedness Training Course dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Bangladesh dan Seychelles mengunjungi Desa Panggarangan. (Dok. GMLS/Delvin Roynaldo)

REFERENSI BERITA - Belum lama ini, puluhan peserta Tsunami Community Preparedness Training Course dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Bangladesh dan Seychelles mengunjungi Desa Panggarangan, Kebupaten Lebak.

Acara tersebut diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG bersama dengan Ocean Teacher Global Academy (OTGA), dan difasilitasi Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS).

Acara diisi kegiatan tatap muka guna memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta, terkait kesiapsiagaan masyarakat akan potensi bahaya gempa dan tsunami di Desa Panggarangan.

Baca Juga: Hj Iin Komala Sari: Pencegahan Food Waste sesuai Local Wisdom Urang Sunda

Panggarangan dipilih menjadi tempat kunjungan lapangan, karena berkat pendampingan dari GMLS Desa Panggarangan mendapat rekognisi dari UNESCO-IOC sebagai masyarakat siaga tsunami.

Ketua GMLS, Lala mengatakan, dari 5.700 desa yang memiliki potensi bahaya tsunami di Indonesia, baru ada empat desa yang diakui UNESCO sebagai masyarakat siaga tsunami.

Desa Panggarangan merupakan salah satu dari empat desa di Indonesia, dan satu-satunya di Banten, yang telah mendapat sertifikat pengakuan Tsunami Ready Community dari Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO,” jelas Abah Lala.

Baca Juga: Buah dari Kerja Keras dan Kekompakan, DPD Provinsi Banten Diganjar Penghargaan oleh DPP APJI

Upaya peningkatan kesiapsiagaan masyarakat terus dilakukan di Desa Panggarangan. Abah Lala memaparkan, pendekatan budaya serta door to door activity menjadi kekuatan dari GMLS untuk dapat menyiapkan masyarakat menjadi siaga tsunami.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X