• Sabtu, 1 Oktober 2022

Luar Biasa, dari Modal Usaha Rp500.000 Kini Ira Miliki Tiga Rumah dan Bisnisnya makin Maju

- Rabu, 13 Juli 2022 | 22:13 WIB
Ira Eka Handayani (22 tahun), adalah enterpreneur sejati.   (Referensi Berita)
Ira Eka Handayani (22 tahun), adalah enterpreneur sejati. (Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Ira Eka Handayani (22 tahun), adalah enterpreneur sejati. Dari usaha e-commerce, mahasiswi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) itu kini menjadi miliarder.

Berawal dari usaha beli-jual kebutuhan remaja putri, semisal alat bantu kecantikan, Ira dan seorang sahabatnya berjualan. Targetnya adalah kawan sekolahnya di SMP Pariskian yang berlokasi di Ciracas, Kota Serang, Provinsi Banten. Ira waktu itu kelas 3 SMP.

"Pasang surut. Akhirnya terhenti. Ketika saya masuk SMA, usaha tersebut kembali saya jalankan," katanya kepada Referensi Berita dalam wawancara melalui telepon pada Rabu, 13 Juli 2022.

Baca Juga: Bincang Jumat Bisnis Spesial Episode, bank bjb Hadirkan Ahli Bisnis Ekspor Agar UMKM Go Global

Ira pemikir cerdas, juga pekerja keras. Sebelum kembali memulai usaha, Ira mengikuti bimbingan bisnis e-commerce melalui seminar yang diselenggarakan salah satu lembaga bimbingan. Pada akhir 2019, Ira kembali meneruskan usahanya.

Bermodal uang Rp500 ribu, Ira membeli tas gendong untuk sekolah, lalu ditawarkan ke teman-temannya melalui tiga akun e-commerce, antara lain di TikTok, Instagran dan Shopee.

Dari tas sekolah, kemudian beralih menjual tas jinjing kebutuhan wanita dengan modal sekira Rp9 juta yang dikumpulkan dari usaha sebelumnya.

Baca Juga: Dukung Pemerintah Membangun Ketahanan Pangan, bank bjb Bina Petani Melalui Pola Kemitraan

"Pada tahun 2019 jualan tas saya masih biasa saja, belum begitu laris," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMRC: PDIP Konsisten Dapatkan Dukungan Publik Terbesar

Sabtu, 3 September 2022 | 16:15 WIB
X