Kolaborasi PTKIN dan Kanwil Kemenag Dorong Pendidikan Islam yang Integratif dan Kompetitif

- Selasa, 8 Maret 2022 | 14:34 WIB
Kerjasama antara PTKIN dan Kanwil Kemenag diharapkan mampu wujudkan pendidikan yang integratif dan kompetitif (Dok. Kemenag RI)
Kerjasama antara PTKIN dan Kanwil Kemenag diharapkan mampu wujudkan pendidikan yang integratif dan kompetitif (Dok. Kemenag RI)

REFERENSI BERITA - Kolaborasi antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama perlu menjadi prioritas guna membangun pendidikan Islam yang integratif dan kompetitif.

Utamanya komunikasi yang masif dan intens antara Rektor atau Ketua PTKIN dan Kepala Kanwil Kemenag dalam menjaring siswa-siswi berprestasi dari lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag.

Gagasan tersebut mencuat dalam pembukaan Rapat Kerja (Raker) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) bertempat di Ballroom Hotel Doubel Three Surabaya, Selasa, 8 Maret 2022.

Baca Juga: Ummu Salamah Istri Rasulullah SAW yang Berani Bicara Soal Emansipasi, Refleksi Hari Perempuan Sedunia 2022

Raker yang dihadiri 57 peserta yang terdiri dari para Rektor PTKIN dan 23 Kakanwil Kemenag se-Indonesia ini mengusung tema 'Sinergisitas PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam Membangun Pendidikan Islam Integratif dan Kompetitif'.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Profesor Nizar Ali mengatakan, prestasi siswa-siswi di lingkungan Kemenag tak jarang unggul bahkan melampaui prestasi siswa-siswi sekolah umum. Namun, potensi tersebut belum terserap secara optimal oleh PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kalau kita lihat 1000 top ranking sekolah berdasarkan ujian tulis berbasis komputer, MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Insan Cendekia itu nomor satu, artinya MAN kita itu jauh luar biasa, tetapi talenta ini tidak ditangkap oleh para rektor yang memiliki variasi prodi," kata Profesor Nizar.

Baca Juga: Hati-hati! Pemilik 5 Zodiak Ini Berjiwa Pengecut, Pisces Salah Satunya

"Ini karena tidak ada komunikasi antara Rektor dengan Kakanwil sehingga nanti Kakanwil bisa memberikan afirmasi kepada kepala Madrasah," sambungnya.

Halaman:

Editor: Asep Rizal Murtadho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X