• Selasa, 17 Mei 2022

Kemenag: Kehadiran UISSI Dobrak Keterbatasan Akses Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

- Rabu, 15 Desember 2021 | 22:03 WIB
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag saat launching PJJ di IAIN Syekh Nurjati (Diktis TV)
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag saat launching PJJ di IAIN Syekh Nurjati (Diktis TV)

REFERENSI BERITA - Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Ali Ramdhani mendampingi Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas secara langsung meresmikan peluncuran Program Pembelajaran Jarak Jauh, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Selasa, 14 Desember 2021.

Acara tersebut mengusung tema 'IAIN Syekh Nurjati Cirebon menuju Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI)'.

Dalam sambutannya, Ali Ramdhani menekankan pentingnya Perguruan Tinggi Keagaman Islam hadir pada ruang maya di tengah arus informasi yang begitu deras ditopang perkembangan zaman yang tak lagi memberikan batasan jarak dan waktu bagi siapa saja yang tengah mencari informasi maupun menuntut ilmu melalui media digital.

Baca Juga: Inspektorat Provinsi Banten Raih Penghargaan dari LSP KPK

"Dunia, dewasa ini dalam konteks kontemporer banyak yang menggambarkan sebagai sebuah Big Billage, atau kampung besar dimana sekat-sekat ruang dan waktu dimediasi oleh teknologi yang kemudian menjadikan sekat menjadi tidak ada lagi," paparnya.

Pihaknya menyadari, bahwa limpahan informasi yang luar biasa di dunia maya, pada satu sisi memberikan sisi negatif dan sisi positif pada bagian lainnya.

Terlebih didalamnya juga bermunculan model-model informasi yang bersifat brain stroming, brain washing, dan model-model dakwah dari kelompok trans nasional.

Baca Juga: Beberkan Prestasi Banten di PHI Ke-93, Wagub: Berkat Doa dan Dukungan Para Ibu

Atas dasar kesadaran lanjut Ali, bahwa media digital tengah menjadi bersemayamnya beraneka ragam gagasan, dan disisi lain telah menjadi media dakwah yang paling optimal, maka pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama perlu hadir melalui ruang tersebut salah satunya melalui peluncuran PJJ PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang kelak bertransformasi menjadi UISSI.

Halaman:

Editor: Asep Rizal Murtadho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X