Mengenal Kecamatan Sobang yang Kaya Potensi Alam

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:52 WIB
Plt Camat Sobang, Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri. (Referensi Berita)
Plt Camat Sobang, Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri. (Referensi Berita)


REFERENSI BERITA - Kecamatan Sobang dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Pandeglang Nomor: 26 Tahun 2007 tanggal 17 Juli 2007 bersamaan dengan pembentukan Kecamatan Majasari.

Berdasarkan Perda itu wilayah yang awalnya tergabung dalam Kecamatan Panimbang dan Cigeulis resmi berdiri menjadi kecamatan sendiri dengan meliputi delapan desa yakni, Desa Sobang, Kutamekar, Kertaraharja, Bojen, Bojenwetan, Pangkalan, Teluk Lada dan Desa Cimanis.

Desa Sobang, Kutamekar, Kertaraharja, Bojen, Pangkalan dan Desa Teluklada semula merupakan bagian dari Wilayah Kecamatan Panimbang. Sementara dari Kecamatan Cigeulis diambil satu desa yakni Desa Cimanis. Pusat pemerintahan Kecamatan Sobang sendiri saat ini berada di Desa Sobang.

Baca Juga: Ahmad Saefudin: APJI Punya Peran Penting dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia

Sejak ditetapkan menjadi kecamatan yang terpisah dari Panimbang dan Cigeulis, Kecanatan Sobang sudah dipimpin 10 camat. Mereka adalah, almarhum Anwari Husnira, Puji Widodo, Ace Wawan, Dani Ramdani, Atep Purnama, Subro Mulisi, HM Sukendar, Engkos Kosasih, Yayan Trikaryana dan Hasan Bisri yang ditunjuk menjadi Plt Camat Sobang.

"Kecamatan Sobang yang luas wilayah 10.944 hektare sebagian besar masyarakatnya petani. Ini merupakan asset yang sangat potensial bagi pembangunan daerah dalam upaya mendukung visi dan misi Kabupaten Pandeglang," ungkap Plt Camat Sobang, Hasan Bisri kepada Referensi Berita pada Sabtu, 3 November 2022.

Hasan Bisri menerangkan, Sobang mempunyai kedudukannya sangat strategis karena merupakan salah satu kecamatan yang sebagaian besar penghasilan masyarakatnya dari sektor pertanian, perkebunan dan hasil kayu dari sektor kehutanan.

Baca Juga: Airin Rachmi Diany: Sinergitas Jurnalis dengan Pemerintah Perlu Dibangun

Di samping itu Kecamatan Sobang juga merupakan daerah yang sangat potensial di bidang agrowisata, karena wilayahnya merupakan kawasan pertanian dan perkebunan yang cukup luas, terutama tanaman pertanian dan holtikultura.

"Kecamatan Sobang merupakan daerah dataran dan perbukitan yang menjadi penyangga daerah pesisir pantai dengan curah hujan relatif banyak dengan rata-rata 3,739 MM per bulan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerbang Tani Lebak: "Stop Impor Beras!"

Kamis, 5 Januari 2023 | 20:57 WIB

Mengenal Kecamatan Sobang yang Kaya Potensi Alam

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:52 WIB
X