• Senin, 28 November 2022

Uday Suhada: Evaluasi Penjabat Sekda dan Kepala BKD Banten, Segera!

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 06:40 WIB
Direktur Eksekutif ALIPP yang juga Koordinator Presidium Koalisi Masyarakat Sipil Banten (KMSB), Uday Suhada. (Dok. Referensi Berita)
Direktur Eksekutif ALIPP yang juga Koordinator Presidium Koalisi Masyarakat Sipil Banten (KMSB), Uday Suhada. (Dok. Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Hasil pendataan pra-finalisasi tenaga non ASN di Lingkungan Pemprov Banten tahun 2022, yang ditandatangani Penjabat Sekda Provinsi Banten, Tranggono belum lama ini telah diumumkan.

Namun itu dianggap fatal. Sebab dalam dokumen pengumuman tersebut juga dicantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir yang merupakan data pribadi dari 12.531 orang yang diumumkan itu.

"Ini nyata telah melanggar UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dimana NIK dan tanggal lahir adalah data pribadi yang tidak boleh disebarkan, tanpa persetujuan pemilik data," ungkap Direktur Eksekutif Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP), Uday Suhada kepada Referensi Berita pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Baca Juga: SMRC Beberkan Plus Minus Dukungan untuk Nasdem setelah Usung Anis Baswedan

Menurut Uday Suhada, hal ini juga menunjukkan bahwa Pj. Sekda dan Kepala BKD telah lalai dan tidak cermat.

"BKN saja dalam mengeluarkan data tersebut tidak mencantumkan NIK dan tanggal lahir, karena hal itu merupakan wilayah privat. Betul bahwa data tersebut saat ini sudah di-takedown atau di-restrick oleh pihak BKD dari websitenya," ujarnya.

Tetapi sayangnya terlambat, karena sudah banyak yang mendownload dokumen tersebut. Setidaknya kata dia, hingga Kamis, 6 Oktober 2022 pukul 19.18 WIB kemarin, sudah ada 3.300 orang yang melihat dokumen tersebut.

Baca Juga: Ombudsman tak Gunakan Hak Jawab, Perkumpulan Maha Bidik Indonesia tetap Lanjutkan Gugatan

Karena itu bukan saja Pj. Sekda yang lalai, tapi juga Kepala BKD juga tidak cermat dan hati-hati. Padahal Menteri Kominfo sudah menegaskan, bahwa data pribadi berupa NIK dan tanggal lahir harus dilindungi.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Banten Nyatakan Siap Melayani Para Investor

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:40 WIB

Terpopuler

X