• Sabtu, 1 Oktober 2022

Akademisi Untirta: Evaluasi Seluruh Pejabat Samsat di Bapenda Banten!

- Sabtu, 16 April 2022 | 18:38 WIB
Akademisi Universita Sultan Ageng Tirtayasa, Ikhsan Ahmad. (Dok. Referensi Berita)
Akademisi Universita Sultan Ageng Tirtayasa, Ikhsan Ahmad. (Dok. Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Persoalan menguapnya uang pajak kendaraan baru di Samsat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, antara lain disebabkan oleh lalainya pejabat di lingkungan Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Provinsi Banten dalam melakukan pengawasan.

Hal ini disampaikan Akademisi Untirta Banten, Ikhsan Ahmad kepada Referensi Berita pada Sabtu, 16 april 2022 menyikapi adanya penguapan uang pajak di Samsat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

"Jadi, institusi yang menangani persoalan ini hendaknya jangan hanya mengaudit keuangan. Tapi coba cek dan evaluasi juga sumber daya manusia di OPD tersebut. Tes kompenetsi mereka yang sesungguhnya," saran Ikhsan Ahmad.

Baca Juga: Pefindo Tingkatkan Peringkat idAA dengan Outlook Stabil untuk bank bjb

Sebab menurut pengamatan dirinya sejauh ini, sebagian besar pejabat dnaa pegawai Samsat berkaitan dengan kedekatan dan nepotisme.

"Kompetensi diabaikan. Jadi wajar kalau ada korupsi. Mereka ditengarai tidak memahami bagaimana mengoptimalkan penerimaan pajak. Mereka lebih fokus pada bagaimana mengamankan jabatannya dengan segala cara. Tolog ini menjadi catatan," terang Ikhsan Ahmad.

Ikhsan Ahmad bahkan menyarankan ada pihak luar Pemprov Banten untuk menguji kemampuan para pejabat di lingkungan Bapenda.

Baca Juga: Jadi Manajer Baru, Legenda MU Ini Beri Komentar ke Erik Ten Hag

"Silakan diuji. Suruh itu para pejabat, misalnya seksi penerimaan di seluruh Samsat di Banten untuk menghitung pajak kendaraan. Informasi yang saya dapat, ada pejabat yang jangankan menghitung, tarif dan rumus saja ada yang tidak mengerti. Ini kan kacau," terang Iksan Ahmad.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kanwil Kemenag Provinsi Banten Bakal Terus Didemo

Senin, 19 September 2022 | 13:51 WIB

Al Muktabar Klaim Inflasi Provinsi Banten Terkendali

Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:22 WIB
X