• Senin, 18 Oktober 2021

Pecinta Kopi Harus Tau! Macam-Macam Kopi Apa Saja yang Sudah Memiliki Indikasi Geografis Kopi Indonesia

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 23:46 WIB
ilustrasi/pixabay ( paid image istock)
ilustrasi/pixabay ( paid image istock)

REFERENSI BERITA- Sebagai negara tropis potensial Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbesar di dunia, bahkan indonesia masuk sebagai top 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia yang mana 96 persen lahan perkebunan kopi yang ada dikelola langsung oleh rakyat sendiri.

Setiap negara memiliki jenis kopi yang tentunya berbeda rasa dengan kopi dari negara atau daerah lain . Hal ini dipengaruhi oleh tanah dan ketinggian tempat kopi ditanam.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis kopi yang sangat pupuler, yaitu kopi arabika dan robusta. Kedua jenis kopi ini tumbuh subur di Indonesia.

Baca Juga: Patut Dicontoh, Kampung Burai, Kampung Warna-warni yang Memikat Hati

Sebagai negara tropis potensial untuk mengembangkan kopi dengan berbagai cita rasa dan aroma yang khas sesuai dengan indikasi geografisnya (IG). Indikasi Geografis sendiri adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan produk.

Lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan produk yang dihasilkan. Salah satu produk yang dapat diidentifikasi berdasarkan indikasi geografis adalah kopi.

Seperti dilansir Referensi Berita dari akun Instagram @kemenparekraf.ri pada Jumat, 1 Oktober 2021. Terdapat 31 kopi yang telah terdaftar pada Indikasi Geografis Indonesia. Macam-macam kopi yang sudah terdaftar Indikasi Geografis kopi Indonesia adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Pengaruh Miras, Anggota LSM Ditusuk Bagian Paha di Warung Kopi

1. Arabika Gayo
2. Robusta Sidikalang
3. Arabika Tanah Karo
4. Arabika Sumatra Simalungun
5. Arabika Pulo Samosir
6. Arabika Sumatera Mandaling
7. Arabika Sipirok

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X