Patut Dicontoh, Kampung Burai, Kampung Warna-warni yang Memikat Hati

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 23:34 WIB
tangkap layar  (Instagram/@Kemenparekraf)
tangkap layar (Instagram/@Kemenparekraf)


REFERENSI BERITA- Desa wisata Burai atau yang dikenal dengan Kampung Warna Burai terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Llir, Sumatra Selatan.

Sekilas kampung Burai tak ada bedanya dengan kampung-kampung lainnya. Apalagi jaraknya yang cukup jauh dari akses jalan utama dan pusat, belum lagi kendala susah sinyal.

Desa dengan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan petani itu kini bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang memikat. Kampung Burai kini menjadi Burai Ekowisata, atau disingkat menjadi Bu Eko (Burai Ekowisata).

Baca Juga: Silaturahmi dengan Wabup, SMAN CMBBS ajukan Konsep Pengembangan Agro Edu Wisata

Burai Ekowisata menjadi tempat wisata dimana wisatawan yang datang ke kampung Burai akan langsung dimanjakan dengan warna-warni yang tersebar di penjuru desa. Tiap objek warna-warni di kampung Burai menjadi daya tarik untuk berswafoto ria.

Ada juga wisata bahari di sungai kelekar yang bukan sekedar menjadi pemandangan indah semata. Sungai kelekar yang mengelilingi desa ini disulap warga desa menjadi wisata air.

Para wisatawan dapat menikmati desa ini dengan menyusuri sungai menggunakan perahu ketek yang tersedia.

Baca Juga: Kabar baik! Pemerintah akan Melakukan Uji coba Pembukaan 20 Destinasi Wisata Tanah Air

Belum lagi ekonomi kreatif dan inovatif, ada berbagai produk ekonomi kreatif unggulan desa wisata Burai, di antaranya: kain songket Burai yang kemudian dijadikan pakaian dan tas. Anyaman purun yang terbuat dari olahan sejenis rumput yang tumbuh liar di rawa-rawa.

Seperti dilansir Referensi Berita dari akun Instagram @kemenparekraf.ri Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, meninjau tempat wisata kampung Burai pada Kamis, 30 Oktober 2021. Dalam kunjungannya menparekraf memberikan apresiasi dengan menyatakan jika wisata Burai sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X