Ali Zamroni Sesalkan Tindakan Kekerasan Terhadap Mahasiswa Disabilitas di Universitas Jambi

- Kamis, 22 Desember 2022 | 20:15 WIB
Anggota DPR RI, Ali Zamroni. (Dok. Pribadi Ali Zamroni)
Anggota DPR RI, Ali Zamroni. (Dok. Pribadi Ali Zamroni)

REFERENSI BERITA - Anggota DPR RI, Ali Zamroni menanggapi serius dugaan kasus kekerasan terhadap mahasiswa penyandang disabilitas yang dilakukan salah satu oknum dosen Universitas Jambi.

Politisi Gerindra itu mengaku prihatin dengan kejadian tersebut, pasalnya kampus merupakan tempat belajar dan mengasah potensi diri, bukan malah menjadi tempat kekerasan.

"Saya sangat menyangkan hal seperti ini terjadi. Terlebih peristiwa ini terjadi di lingkungan perguruan tinggi, yang mana semua orang memiliki hak kesamaan dalam mengikuti proses pendidikan, tak terkecuali saudara kita penyandang disabilitas," kata Ali Zamroni kepada Referensi Berita pada Kamis, 22 Desember 2022.

Baca Juga: Aksi Pengawalan Tersangka Pencabulan Dikecam Aktivis Pandeglang

Ali Zamroni mengatakan, kesamaan kesempatan pendidikan bagi penyandang disabilitas merupakan penyediaan peluang untuk menyalurkan potensi dalam segala aspek penyelenggaraan negara dan masyarakat.

Selain itu, lanjut Ali Zamroni, penyandang disabililitas seharusnya memiliki prioritas lebih, baik prioritas hak dan perlindungan hukum, hak hidup, hak bebas dan stigma dan hak pendidikan, hak perlindungan dari tindakan diskriminasi dan penyiksaan sesuai dengan aturan undang-undang Republik Indonesia Nomor: 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Baca Juga: Aneh, di Polres Pandeglang ada Ormas yang Kawal Tersangka Pencabulan

"Di negara kita ini, semua orang memiliki kesamaan hak, termasuk penyandang disabilitas," tegas Ali Zamroni.

Diketahui sebelumnya, seorang mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Jambi, AW melaporkan perbuatan kekerasan yang dilakukan oleh oknum dosen pembimbing akademiknya ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wasekjen DPP Partai Golkar Fokus Pemenangan Pileg 2024

Minggu, 16 Oktober 2022 | 20:42 WIB
X