Ingin Melihat Badak? Datang Saja ke Kampung Mangrove Patikang...!

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:22 WIB
Patung badak di Kampung Mangrove Patikang, Desa Citerurp, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. (Referensi Berita)
Patung badak di Kampung Mangrove Patikang, Desa Citerurp, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. (Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Badak Jawa atau Rhinoceros Sondaicus yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Kabupaten Pandeglang, Banten kini bisa dilihat secara langsung di Kampung Mangrove Patikang, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang.

Namun binatang purba yang berada di sana bukan hewan sebenarnya. Badak Jawa yang ada di Kampung Mangrove Patikang ini hanya berbentuk patung yang menyerupai badak, dengan ukuran nyaris sama dengan badak dewasa sesungguhnya.

Secara sekilas memang terlihat replika hewan ini mirip badak sesungguhnya. Patung badak ini sengaja "dipelihara" oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Putri Gundul, Desa Citeureup. Tujuannya untuk dijadikan bahan ajar atau edukasi bagi siapa pun.

Baca Juga: Ini Salah Satu Penyebab Bank Banten Merugi Menurut Pengamat Kebijakan Publik

"Saya membuatnya untuk mengedukasi agar kita tahu bahwa habitat Badak Jawa harus dilestarikan, dan sewajarnya icon Kabupaten Pandeglang ini ditempatkan di lain tempat, atau di luar habitat aslinya," ungkap Ketua Pokdarwis Putri Gundul, Deden Sudiana pada Senin, 20 Juni 2022.

Dia menerangkan, patung badak yang berada di tengah rawa hutan mangrove itu dibuat oleh seorang seniman dari Sanggar Kreatif Rumah Tukik Ujung Kulon.

Deden mengaku, sejak tahun 2016 ia bersama Pokdarwis Putri Gundul terus berbenah untuk mewujudkan objek wisata berbasis edukasi di Desa Citeureup. Upaya itu lambat laun mulai terwujud.

Baca Juga: Kerugian dan Kredit Bermasalah di Bank Banten jadi Perhatian Pemprov dan APH

Deden berharap dengan adanya objek wisata edukasi di Desa Citeureup, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian mangrove.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X