• Senin, 28 November 2022

Akademisi Untirta Dukung Penolakan Perampingan OPD di Pemprov Banten

- Senin, 1 Agustus 2022 | 21:57 WIB
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). (Dok. bantenprov.go.id)
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). (Dok. bantenprov.go.id)

REFERENSI BERITA - Pengamat Hukum Tata Negara yang juga Ketua Pusat Kajian Konstitusi Perundang-undangan dan Pemerintahan (PKK) Untirta Serang, Lia Riestadewi menyatakan mendukung penolakan pemangkasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Banten oleh DPRD.

Menurut Lia Riestadewi , penolakan itu dinilai sudah tepat dan sesuai dengan status dan jabatan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.

Kata Lia Riestadewi, Al Muktabar leboh baik melakukan evaluasi OPD terlebih dahulu. Terlebih ada beberapa pejabat di Pemprov Banten yang tersandung masalah hukum.

Baca Juga: Sebelum Melahirkan, Ibu Hamil harus Periksa HIV, Sifilis dan Hepatitis B

"Yang harus dilakukan Pj Gubernur Banten adalah melakukan evaluasi OPD yang hari ini ada. Mana saja OPD yang kinerjanya tidak memenuhi target, maka OPD itulah yang harus dioptimalkan," katanya kepada wartawan pada Senin, 1 Agustus 2022.

Lia Riestadewi menjelaskan, evaluasi menyeluruh terhadap OPD harus lebih detil, termasuk OPD mana saja yang berurusan dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor).

"Terhadap OPD yang bermasalah hukum, Pj Gubernur Banten harus mencari tahu apa penyebabnya. Jika sudah diketahui, jangan ragu untuk melakukan penyegaran melalui rotasi atau mutasi jabatan," tegasnya.

Baca Juga: Manajemen Bank Banten Tegaskan Komitmen Tingkatkan Layanan Berbasis Digital

Sebab kata dia, pihak yang saat ini bermasalah dengan hukum bukan OPD-nya, melainkan oknum di OPD bersangkutan.

Menurutnya, Al Muktabar yang dipilih dan ditempatkan oleh pemerintah pusat harus berani melakukan tindakan nyata, jika ingin pekerjaannya atau tugasnya sebagai Pj Gubernur Banten berjalan dengan baik, sesuai dengan program-program yang sudah tertuang dalam program pembangunan daerah.

"Saya rasa Pj Gubernur Banten bisa menjalankan itu semua, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Hanya saja, kira-kira mau atau tidak menjalankan tugasnya," terangnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Banten Nyatakan Siap Melayani Para Investor

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:40 WIB

Terpopuler

X