• Selasa, 17 Mei 2022

Gunung Api Ili Lewotolok Kembali Erupsi

- Selasa, 1 Desember 2020 | 02:29 WIB
Gunung Api Ili Lewotolok (antaranews.com)
Gunung Api Ili Lewotolok (antaranews.com)

REFERENSI BERITA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa Gunung Api Ili Lewotolok kembali erupsi dan mengeluarkan kolom abu setinggi kurang lebih 700 meter dari atas puncak atau 2.123 meter di atas permukaan laut, pada hari Senin, 30 November 2020 pukul 23.20 WITA.

Berdasarkan hasil pemantauan Pos Pengamatan Gunung Api Ili Lewotolok, Nusa Tenggara Timur, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan.

Informasi yang dihimpun Antara di Jakarta, Erupsi tersebut terekam oleh seismogram dengan amplitudo maksimum 24 milimeter dengan durasi kurang lebih 2 menit 25 detik.

Baca Juga: KONI kabupaten Serang Siapkan Atlet Lokal di Porprov VI

Pos Pengamatan Gunung Api Ili Lewotolok juga melaporkan adanya suara gemuruh saat terjadi erupsi.

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan kenaikan status Gunung Ili Lewotolok menjadi Level III atau ‘Siaga’ setelah terjadi erupsi dan adanya peningkatan aktivitas gunung api pada akhir pekan kemarin.

Dengan penetapan status gunung tersebut, maka PVMBG memberikan rekomendasi kepada masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok dan pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya pada radius 4 kilometer dari puncak.

Baca Juga: Raih 4 Medali di Kejuaraan Tingkat Pelajar Banten, Prestasi Atlet Taekwondo Kota Serang Diapresiasi

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata dibantu tim gabungan dari instansi dan unsur terkait lainnya mengevakuasi para warga yang tinggal dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Ili Lewotolok.

Halaman:

Editor: Asep Hilmi

Tags

Terkini

Bank bjb Turut Dukung Gerakan Pengurangan Emisi

Selasa, 26 April 2022 | 19:21 WIB
X