• Senin, 18 Oktober 2021

Terungkap Tambang Emas Cikotok Kabupaten Lebak Mencapai 47.000 ton Per Tahun, Begini Fakta Sejarahnya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:29 WIB
tangkap layar/ilustrasi tambang batu bara ombilin (Instagram/@sampaijauh)
tangkap layar/ilustrasi tambang batu bara ombilin (Instagram/@sampaijauh)

REFERENSI BERITA- Kabupaten Lebak merupakan salah satu kabupaten yang kaya dengan sumber daya alam mineral, mulai dari pasir, batu bara, hutan, termasuk tambang emas.

Jadi tidaklah heran jika secara historis perekonomian masyarakat Kabupaten Lebak tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tambang emas di Cikotok yang indikasi endapan emasnya mulai ditemukan sejak tahun 1839.

Selama 77 tahun, Pemerintah Hindia Belanda melakukan penelitian di daerah Cikotok dan sekitarnya untuk memastikan kadar endapan emas di daerah tersebut.

Baca Juga: Kontingen Banten Tambah Raihan Tiga Medali Emas

Selama kurun waktu itu, Homer Hasaki Yunghun, Verbeek, Fenema van Es dan Zungler terlibat dalam penelitian umum geologi daerah Lebak bagian selatan.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa indikasi endapan emas itu berada di Cikotok, Bayah, Cimandiri dan daerah sekitarnya yang memiliki potensi ekonomis sehingga bisa dieksplorasi.

Pada tahun 1924, Pemerintah Hindia Belanda menunjuk Ir. W.F Oppenooth untuk memimpin eksplorasi dan penelitian khusus endapan bijih emas di daerah Cikotok dan sekitarnya.

Baca Juga: Sembilan Fakta Tambang Batu Bara Omblin, Tambang Pertama di Indonesia dan Tertua Se-Asia Tenggara

Setelah membuat laporan khusus yang diberi tajuk Verslagen Mededelingen dan mengatakan bahwa endapan emas di Cikotok dan sekitarnya memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga layak untuk dieksplorasi.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Denny Darko Ungkap 10 Tanda Pacar Selingkuh

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:37 WIB

Lagi, Kebakaran Landa Pemukiman Baduy

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:17 WIB
X