• Senin, 18 Oktober 2021

Wakil Gubernur Banten Sebut Sungai Cisadane Punya Nilai Sejarah yang Penting

- Sabtu, 25 September 2021 | 10:24 WIB
WAkil Gubernur Banten, Andika Hazrumy melepasliarkan kura-kura saat peringatan Hari Air Sedunia di SUngai Cisadane. (Dok. Referensi Berita)
WAkil Gubernur Banten, Andika Hazrumy melepasliarkan kura-kura saat peringatan Hari Air Sedunia di SUngai Cisadane. (Dok. Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Peringatan Hari Sungai Sedunia yang digelar Bank Sampah Sungai Cisadane atau Banksasuci Foundation di bantaran Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang pada Jumat, 24 September 2021 ditandai dengan dilepasliarkannya seekor kura-kura oleh Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.

Andika mengatakan, Sungai Cisadane memiliki nilai sejarah yang besar. Menurut catatan sejarah, pada dari abad XVI banyak kapal dagang yang memasuki muara Cisadane di pesisir Laut Jawa untuk berlabuh dan berniaga.

Keberadaan Sungai Cisadane di Tangerang, kata Andika, juga sangat penting karena aliran airnya dimanfaatkan memproduksi air bersih untuk warga Tangerang Raya.

Baca Juga: Dinsos Lebak Lakukan Verifikasi Kelayakan Penerima Bansos, Begini Syarat untuk DTKS

"Karena itu, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan aliran Sungai Cisadane ini," ungkap Andika.

Menurut dia, sebagai ekosistem yang utuh dari hulu sampai hilir, pengelolaan DAS Cisadane harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan oleh semua stakeholders terkait sesuai dengan perannya masing-masing.

Untuk itu, lanjut Andika, Pemprov Banten memberikan apresiasi yang tinggi kepada aktivis dan pemerhati lingkungan yang telah menginisiasi kegiatan peringatan Hari Sungai Sedunia kali ini sebagai bentuk partisipasi dalam pelestarian Sungai Cisadane.

Baca Juga: Hasil RUPS Luar Biasa, Bank Banten akan segera Lepas dari PT BGD

"Kegiatan pada hari ini juga saya harapkan dapat menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dalam rangka membentuk kesadaran masyarakat, tentang pentingnya pelestarian aliran Sungai Cisadane," paparnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Denny Darko Ungkap 10 Tanda Pacar Selingkuh

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:37 WIB

Lagi, Kebakaran Landa Pemukiman Baduy

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:17 WIB
X