• Selasa, 7 Desember 2021

Pengamat Politik Untirta: Pencopotan Pujiyanto dari AKD adalah Tindakan Premanisme

- Senin, 27 September 2021 | 22:45 WIB
Pengamat Politik Universita Sultan Ageng Tirtayasa, Ikhsan Ahmad. (Dok. Referensi Berita)
Pengamat Politik Universita Sultan Ageng Tirtayasa, Ikhsan Ahmad. (Dok. Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Lembaga legislatif di daerah atau DPRD adalah organisasi yang sepenuhnya mengurusi kepentingan rakyat.

Oleh karena itu, dalam lembaga DPRD hendaknya tidak ada pembicaraan yang sifatnya keluarga, persoalan pribadi atau persoalan-persoalan yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan rakyat.

Demikian disampaikan Pengamat Politik dari Untirta, Ikhsan Ahmad menyikapi pencopotan Pujiyanto dari keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kota Serang.

Baca Juga: Bank Banten Apresiasi Rencana Pemisahan Perseroan dari PT BGD

Menurut dia, lembaga itu sepenuhnya dibiayai oleh uang rakyat. Jadi, lembaga perwakilan rakyat, khususnya DPRD Kota Serang seharusnya menjadi bagian terpenting dari semua dinamika yang bersentuhan dengan kepentingan rakyat.

"Bahkan sekalipun ada jarum jatuh di gedung itu, seharusnya rakyat tahu. Karena semua dinamika dalam lembaga itu dibiayai oleh rakyat," papar Ikhsan Ahmad pada Senin, 27 September 2021.

Berangkat dari kasus pencopotan Pujiyanto dari AKD, yang kemudian terkonfirmasi tidak ada penerapan mekanisme yang seharusnya, seperti tidak ada proses pemanggilan yang wajar, Ikhsan Ahmad berpendapat, peristiwa itu lebih tepat sebagai fenomena premanisme di lembaga wakil rakyat.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Para Pimpinan Dunia Salah Satunya Barak Obama dan Donald Trump

"Kemudian isu-isu liar seputar pencopotan itu lebih mengemuka. Padahal seharusnya dalam lembaga legislatif, komunikasi politik itu harus lebih efektif, lebih efesien dan menjadi pendidikan politik yang sehat bagi masyarakat," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR akan Tes Calon Panglima TNI 4-5 November 2021

Kamis, 4 November 2021 | 07:15 WIB

Pemuda yang Kreatif jadi Solusi Multidimensi

Selasa, 2 November 2021 | 09:20 WIB
X