• Kamis, 20 Januari 2022

Bawaslu Berharap Pemilih Pemula Mampu Perbaiki Kualitas Pemilu 2024

- Senin, 27 September 2021 | 13:28 WIB
Ilustrasi pemilihan umum. (Pixabay)
Ilustrasi pemilihan umum. (Pixabay)

REFERENSI BERITA - Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, kelompok pemilih pemula masih memiliki idealisme dan harapan untuk memperbaiki kualitas Pemilu.

Menurutnya, dari partisipasi generasi muda itu bangsa ini bisa melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat.

"Kalau dari sisi jumlah, kelompok pemilih pemula cukup banyak. Potensi ini luar biasa," ungkap Ratna Dewi Pettalolo usai membuka acara Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Hotel Ultima Ratu, Kota Serang belum lama ini.

Baca Juga: Penting! Inilah 17 Perangkat yang Harus Ada Dalam Setiap Ruang Persidangan

Dia berharap, keterlibatan pemilih pemula pada Pemilu 2024 bukan hanya menggunakan hak pilihnya. Tapi menjadi bagian penting dalam proses pengawasan Pemilu. "Kita berharap kualitas Pemilu ke depan terus meningkat," ujarnya.

Menurut Dewi, keterlibatan pemilih pemula dalam pengawasan, Pemilu juga diharapkan tidak diwarnai kecurangan.

Pada bagian lain dia mengaku, Bawaslu sejauh ini sudah mengidentifikasi masalah dan menyusun strategi untuk mengantisipasinya.

Baca Juga: Mulai Oktober 2021 Fitur PeduliLindungi bisa Diakses di Aplikasi Lain

"Itu dilakukan untuk meminimalisir (berbagai kecurangan). Semua tahapan Pemilu 2024 diawasi bukan hanya oleh Bawaslu, tapi juga kader," terangnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X