Diduga ada Permainan Uang, PPDB di Tangerang jadi Temuan Ombudsman

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:07 WIB
PPDB jenjang SMA Negeri di Banten. (Instagram @dindikbudprovbanten)
PPDB jenjang SMA Negeri di Banten. (Instagram @dindikbudprovbanten)


REFERENSI BERITA - Ombudsman Banten menengarai ada permainan curang dalam penerimaan siswa baru pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 untuk untuk jalur zonasi di Provinsi Banten, yang hasilnya sudah diumumkan pada Senin, 20 Juni 2022.

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman Banten, Zainal Muttaqin melalui pesan tertulisnya kepada wartawan menungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan klarifikasi dan verifikasi adanya dugaan permainan uang dalam penerimaan siswa baru tersebut.

"Permasalahan lain yang muncul, selain dari ketidakhandalan sistem online yang tidak berjalan transparan, adalah isu permainan uang. Ini sudah muncul di beberapa SMA Negeri di wilayah Tangerang," kata Zainal.

Baca Juga: Massa Asal Banten Aksi di Monas, Minta Mendagri dan Presiden Evaluasi Penjabat Gubernur

Ia menjelaskan, atas persoalan permainan uang di beberapa sekolah favorit di Tangerang itu, saat ini tim Ombudsman sedang melakukan penelusuran.

Dia mengaku sudah meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten untuk segera menindaklanjutinya.

"Kami meminta agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten turun tangan untuk melakukan klarifikasi dan evaluasi," katanya.

Ombudsman Banten meminta kepada Dindikbud selaku dinas paling bertanggungjawab atas pelaksanaan PPDB, bisa menjelaskan kepada publik mengenai adanya dugaan permainan uang tersebut.

"Buka proses dan hasilnya kepada publik sebagai bentuk akuntabilitas, jika dinas tidak ingin dikatakan melestarikan 'hantu' PPDB yang mencederai kredibilitasnya," harapnya.

Baca Juga: Ingin Melihat Badak? Datang Saja ke Kampung Mangrove Patikang...!

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X