• Selasa, 17 Mei 2022

Menag Yaqut: Kebijakan Kementerian Agama Harus Lahir dari Forum Ilmiah

- Rabu, 22 Desember 2021 | 10:26 WIB
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat membuka acara Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS) 2021, di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat membuka acara Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS) 2021, di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung

REFERENSI BERITA - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas secara resmi membuka acara Forum Direktur Pascasarjana (Fordipas) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) ke XIII dan International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS) 2021, di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Selasa, 21 Desember 2021.

Pada pembukaan INCOILS 2021 yang bertajuk 'Sharia, State, and Legal Pluralism' tersebut, Menteri Agama menekankan, forum-forum semacam ini dimasa mendatang harus diperbanyak, terlebih forum tersebut mengumpulkan para intelektual yang matang dalam hal keilmuan, untuk kemudian dapat diserap oleh pemerintah dalam hal pembuatan kebijakan.

“Kalau dulu forum semacam ini digelar satu tahun sekali, kalau bisa kedepan tiga atau empat kali dalam satu tahun," tutur Menag dihadapan para peserta yang diisi oleh para Profesor dan Direktur Pasca Sarjana dari berbagai PTKIN di Indonesia.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik dari Kota Bandung dari Sejarah Hingga Kuliner

"Karena saya ingin membiasakan lingkungan akademik di bawah Kementerian Agama rajin-rajin mengasah otak dan ilmu karena kita tahu knowledge is power,” sambungnya.

Lebih lanjut, Menag Yaqut ingin mentradisikan, kebijakan-kebijakan yang lahir dari Kementerian Agama kedepan harus lahir dari naskah akademik buah pemikiran pakar-pakar yang hadir dari forum-forum di bawah Kementerian Agama.

Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini pun memerintahkan kepada jajarannya untuk tak segan-segan membantu digelarnya berbagai forum ilmiah semacam INCOILS.

Baca Juga: Lima Negara Ini Memiliki Iklim Terbaik di Dunia

“Saya sudah membicarakan, bahwa Kementerian Agama harus mensupport, dalam hal ini Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam harus mensuport, bahwa Bapak Ibu sekalian yang hadir juga harus rajin dalam menggelar forum ilmiah semacam ini. Dari agenda ini pun saya ingin nanti ada semacam Executive Summary atau naskah akademik yang nanti bisa saya jadikan pijakan dalam mengambil kebijakan,” tandas Menag Yaqut.

Halaman:

Editor: Asep Rizal Murtadho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X