• Selasa, 17 Mei 2022

Enam Tips Publikasi Ilmiah untuk Penulis Pemula, Menurut Ahli Riset Dr.Sunu Wibirama

- Rabu, 22 Desember 2021 | 18:52 WIB
Tangkap layar/tips publikasi karya ilmiah bagi pemula (Instagram/@sunu_wibirama)
Tangkap layar/tips publikasi karya ilmiah bagi pemula (Instagram/@sunu_wibirama)

REFERENSI BERITA- Sekarang ini kegiatan mnulis sudah menjadi hal wajib bagi seorang akademisi, mahasiswa pascasarjana, terutama bagi seorang dosen yang harus terus mempublikasi karya ilmiahnya.

Tak sedikit peneliti, atau dosen, mahasiswa pascasarjana yang baru menapaki karir akademisinya mengalami berbagai kendala terutama munculnya pertanyaan "Bagaimana saya memulai menulis artikel ilmiah?"

Namun tak usah khawatir, karena seorang ahli bidang riset intelligent user experience engineering pertama di Indonesia, Dr. Sunu Wibirama mengungkapkan beberapa tips publikasi ilmiah bagi pemula.

Baca Juga: Mengenal Metode Heuristik Dalam Penelitian Sejarah, Ternyata Banyak Fungsinya

Seperti dilansir Referensi Berita dari akun Instagramnya @sunu_wibirama pada Kamis, 11 November 2021 berikut ini enam tips publikasi ilmiah untuk pemula menurut Dr. Sunu Wibirama.

1. Banyak membaca artikel dan pelajari gaya penulisannya.

Sebagai penulis pemula, hal paling paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mningkatkan skill menulis kita adalah dengan banyak membaca artikel ilmiah dari berbagai jurnal bereputasi (high impact factor journal).

Baca Juga: Mahasiswa Aktivis Wajib Tahu! Begini Tahapan dan Proses Penyusunan Penetapan APBD

Pelajari gaya penulisan di artikel tersebut. Pilih artikel yang ditulis oleh native speaker untuk mendapatkan sense of writing seperti native speaker.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X