Rekrutmen PPPK Dinilai tak Adil, Honorer Tenaga Teknis Kembali Gigit Jari

- Senin, 26 Desember 2022 | 08:49 WIB
Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 tidak memenuhi unsur berkeadilan. (Dok. Referensi Berita)
Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 tidak memenuhi unsur berkeadilan. (Dok. Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Ketua Forum Honorer Tenaga Teknis Kabupaten Pandeglang, Yosep Gumilar menilai seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 tidak memenuhi unsur berkeadilan.

Pasalnya, aturan yang digunakan untuk penerimaan PPPK dalam formasi Honorer Tenaga Teknis kali ini, selain minim kuota, juga tidak menggunakan sistem afirmasi masa kerja, afirmasi usia, maupun afirmasi K2. Sistem afirmasi tersebut hanya berlaku bagi pelamar formasi PPPK guru dan PPPK Tenaga Kesehatan (Nakes).

"Kami merasa dianaktirikan, serta merasa tidak mendapatkan rasa keadilan dengan diberlakukannya aturan rekrutmen PPPK kali ini. Padahal kami sebagai honorer tenaga teknis juga sama pentingnya dengan honorer guru maupun nakes, tapi kenapa aturan yang diterapkan untuk penerimaan PPPK formasi tenaga teknis bisa berbeda dari kedua formasi yang ada," tegas Yosep Gumilar pada Minggu, 25 Desember 2022.

Baca Juga: Ketua DPC Gerindra Kabupaten Pandeglang Apresiasi Prestasi Tiga Murid SDN Kadumerak I

Menurutnya, bukti ketidakberpihakan KemenPAN-RB dan BKN terhadap para honorer tenaga teknis dalam penerimaan PPPK formasi tenaga teknis, dibuktikan dengan terbitnya dua regulasi yang mengatur terkait rekrutmen PPPK tersebut.

Yaitu aturan KepmenPAN-RB Nomor: 970 Tahun 2022 dan KepmenPAN-RB Nomor: 971 Tahun 2022 yang kedua-duanya dinilai sangat merugikan honorer tenaga teknis.

"Bukti kalau pemerintah pusat, dalam hal ini KemenPAN-RB maupun BKN sudah tidak adil, serta menganggap kami sebagai honorer tenaga teknis yang tidak penting, terlihat dari jumlah formasi yang diberikan, maupun klasifikasi persyaratan yang ditetapkan, Tambah Yosep.

Baca Juga: Miris... Raih Emas di Tingkat Nasional, Tiga Murid SD Asal Pandeglang ini belum Dapat Apresiasi dari Pemkab

Seperti halnya di Pandeglang kata dia, jatah PPPK bagi honorer tenaga teknis, hanya 71 formasi saja. Itu pun hanya berlaku bagi honorer yang memiliki jenjang pendidikan strata 1 (S1).

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerbang Tani Lebak: "Stop Impor Beras!"

Kamis, 5 Januari 2023 | 20:57 WIB

Mengenal Kecamatan Sobang yang Kaya Potensi Alam

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:52 WIB
X