• Senin, 28 November 2022

Pangkas Proyek Sejumlah OPD hingga Rp400 Miliar, Pemprov Fokus Dua Proyek Besar ini

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 07:07 WIB
Ilustrasi pekerjaan proyek bangunan. (Pixabay)
Ilustrasi pekerjaan proyek bangunan. (Pixabay)

REFERENSI BERITA - Sejumlah proyek pekerjaan di beberapa OPD dengan nilai Rp400 miliar lebih pada tahun 2022 ini dibatalkan.

Keputusan itu diambil setelah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama sejumlah OPD melakukan penyisiran.

Rencananya, dana yang sebelumnya dialokasikan untuk proyek akan dipakai untuk mendanai dua proyek besar yang akan dilakukan pada APBD Perubahan 2022, dan akan segera disampaikan usulannya ke DPRD pada Agustus ini.

Baca Juga: Piutang Pemprov Banten yang belum Tertagih Capai Rp2,3 Triliun

Proyek besar itu adalah pembangunan hotel berbintang lima berikut kantor penghubung di dekat Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) dan pembangunan
Rest Area di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Salah seorang sumber di lingkungan Pemprov Banten pada Selasa, 2 Agustus 2022 mengatakan, proyek-proyek yang dibatalkan ini menyebar di OPD besar. Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat (Disperkim), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) serta Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Paling banyak di Dinas PUPR dan Perkim. Tapi ada juga dinas lainnya, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Kalau di Sekretariat Dewan (Setwan) semuanya aman, Pemprov Banten nggak berani merubah dengan membatalkan item proyek atau kegiatan dewan," katanya.

Baca Juga: Akademisi Untirta Dukung Penolakan Perampingan OPD di Pemprov Banten

Sumber tadi juga merinci, dari OPD besar yang proyeknya dihapus nilainya di kisaran Rp100 sampai Rp150 miliar. Sedangkan dinas-dinas kecil lainya, dibawah Rp1 miliar.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Banten Nyatakan Siap Melayani Para Investor

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:40 WIB

Terpopuler

X