Tegas, Ka Kanwil Kemenag Banten Sebut tak ada Ormas yang bisa Intervensi

- Minggu, 12 Juni 2022 | 09:54 WIB
Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurochman. (Dok. Kemenag Banten)
Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurochman. (Dok. Kemenag Banten)

REFERENSI BERITA - Sesungguhnya tidak ada intervensi dari pihak luar terkait kebijakan yang diambil di lingkungan Kemenag Banten. Misalnya soal penempatan Kepala MAN, Kepala MTs atau jabatan di internal Kemenag Banten sendiri.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurochman saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Kota Serang pada Jumat, 10 Juni 2022 lalu.

“Kalau intervensi nggak ada sebenarnya, karena prosedur dan mekanismenya sudah jelas. Kemenag kan lembaga pemerintah, bukan swasta,” kata Nanang.

Baca Juga: Al Muktabar: Baznas Ikut Berperan Tekan Angka Stunting dan Gizi Buruk

Menurut dia, Kementerian Agama intansi vertikal, sentralistik yang berhubungan langsung dengan pemerintah pusat. Kemenag juga milik semua agama, semua umat dan semua organisasi masyarakat atau Ormas.

"Jadi nggak ada Ormas yang bisa mengintervensi, dan nggak ada Ormas yang diistimewakan. Kita pastikan itu, Kemenag milik semua Ormas,” tegasnya.

Lebih lanjut Nanang menegaskan, Kanwil Kemenag Banten tak bisa diintervensi oleh pihal luar, termasuk Ormas.

“Kita yakinkan, kita pastikan nggak ada intervensi dari manapun. Karena kita nggak bisa diintervensi, orang mekanismenya sudah jelas, aturan sudah jelas. Semua diatur oleh Kemenag RI,” tegasnya lagi.

Baca Juga: Bank Pembangunan Daerah ini Raih Top 50 Emiten di 13th IICD Governance Award

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X