Forum Pemuda Desa Citeureup Keukeuh Tolak Perkebunan Vanili yang Diduga tak Berizin

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:55 WIB
Lahan yang dijadikan perkebunan vanili di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.n  (Referensi Berita)
Lahan yang dijadikan perkebunan vanili di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.n (Referensi Berita)

REFERENSI BERITA - Forum Pemuda Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang menyatakan tidak pernah menolak masuknya investor ke wilayah mereka.

Syaratnya, investor tersebut harus mengindahkan regulasi, lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik. Tujuannya agar tercipta iklim investasi yang sehat dan berkelanjutan.

Demikian disampaikan Sekretaris Forum Pemuda Desa Citeureup, Engkos Kosasih kepada Referensi Berita pada Kamis, 12 Mei 2022 menyikapi hadirnya perkebunan vanili dan villa di Desa Citeureup.

Baca Juga: Masih Merugi, PT BGD Tolak Permintaan Kenaikan Gaji dari Petinggi Bank Banten

"Keinginan kami dicederai oleh hadirnya perkebunan vanili dan villa milik JHL Group di desa kami. Sebab perkebunan dan villa yang rencanaya berdiri di atas lahan seluas 250 hektare itu hingga kini belum mengantungi izin," ungkap Engkos Kosasih.

Di menerangkan, berdasarkan informasi yang diterima, perusahaan tersebut baru menyampaikan permohonan informasi kesesuaian ruang sesuai RTRW ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang.

Sementara dalam proses pengurusan izin, informasi kesesuaian ruang baru langkah awal untuk menempuh rekomendasi perizinan dari Pemkab Pandeglang.

Baca Juga: Al Muktabar jadi Penjabat Gubernur Banten, Koordinator Presidium KMSB Ingatkan Banyak Hal

"Dan konyolnya, perkebunan vanili tersebut sudah diresmikan oleh pejabat Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang pada Agustus 2021 lalu. Alhasil pihak JHL Group bertindak sewenang-wenang melakukan penggundulan hutan dan pengolahan lahan, tanpa mengindahkan regulasi, lingkungan dan sosial," ujar Engkos Kosasih.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X