Mendagri akan Berikan Sanksi Bagi Sumatera Barat karena Capaian Vaksinasinya Rendah

- Jumat, 17 Desember 2021 | 18:08 WIB
Mendagri akan memberikan sanksi bagi daerah yang melaksanakan vaksinasi rendah (Instagram/@titokarnavian)
Mendagri akan memberikan sanksi bagi daerah yang melaksanakan vaksinasi rendah (Instagram/@titokarnavian)



REFERENSI BERITA - Karena masih rendahnya capaian vaksinasi sejumlah daerah di Indonesia, turut menjadi perhatian Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi di Auditorium Gubernur Sumatra Barat Jumat, 17 Desember 2021, Mendagri Tito Karnavian pun siap memberikan sanksi tegas terhadap daerah yang memiliki tingkat Vaksinasinya rendah.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen angka Vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Tingkatkan Kewaspadaan, Gubernur Banten Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Tak hanya berupa teguran, bagi daerah yang tidak bisa mencapai target vaksinasi tersebut, diungkapkan Tito Karnavian tidak akan diberikan tambahan dana insentif.

"Bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen, akan kami evaluasi berupa teguran dan akan diberikan sanksi berupa disinsentif atau tidak akan diberikan tambahan Dana Insentif Daerah," tuturnya seperti dikutip Referensi Berita dari laman resmi kemendagri.go.id pada Jumat, 17 Desember 2021.

"Sebaliknya, bagi daerah yang telah memenuhi target, akan kami usulkan kepada Kementerian Keuangan untuk diberikan tambahan Dana Insentif Daerah dan Dana Alokasi Umum," sambungnya.

Baca Juga: Dilaporkan ke Polda, Ikhsan Ahmad Tunjuk Pengacara

Selain itu, Mendagri mengungkapkan bahwa jika angka capaian vaksinasi Covid-19 di suatu daerah jomplang, maka hal itu akan dapat mempengaruhi jumlah rata-rata nasional.

"Karena itu, melihat Sumatera Barat (Sumbar) angka capaian vaksinnya masih di bawah 70 persen, maka saya inisiatif untuk ke sini. Saya sudah melapor ke Presiden, dan beliau minta untuk ditingkatkan," ungkapnya.

Mendagri juga menyatakan, kedatangannya ke setiap daerah di Indonesia, terutama yang capaian vaksinasi Covid-19 masih rendah, merupakan tugas langsung dari Presiden.

Baca Juga: Hasil Rapat Pleno PBMA, Ahmad Nawawi Diberi Kesempatan Pimpin Gema MA Selama Enam Bulan

"Mendagri salah satu yang ditugaskan Presiden untuk mendorong pemda mempercepat vaksinasi," ujarnya.

Selain Mendagri, Presiden juga menugaskan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, dan Agung secara bersama dengan pemangku kepentingan lainnya bergerak mendorong percepatan vAgung secara bersama dengan pemangku kepentingan lainnya bergerak mendorong percepatan vaksinasi.***

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X