• Selasa, 17 Mei 2022

Ini Alasan Kenapa Pemerintah tak Naikkan Upah Buruh

- Kamis, 29 Oktober 2020 | 13:08 WIB
MENTERI Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah (PIKIRAN RAKYAT)
MENTERI Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah (PIKIRAN RAKYAT)

REFERENSI BERIITA - Kementerian Ketenagakerjaan RI sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan Nomor: M/11/HK.04/2020 yang ditujukan kepada para gubernur seluruh Indonesia, pada Selasa 27 Oktober 2020 lalu.

Isinya tentang penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada masa pandemic corona virus disease 2019 (Covid-19). Surat yang ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ini menerangkan bahwa pemerintah lewat Menaker memutuskan untuk tidak mengubah nilai Upah Minimum Tahun 2021.

Tertulis dalam SE tersebut bahwa latar belakang kebijakan ini adalah pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada perekonomian dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja atau buruh, termasuk dalam membayar upah.

Baca Juga: Akibat Covid-19, Kemnaker Putuskan Upah Minimum Tahun 2021 tak Naik

Mendapat penentangan, Menaker Ida akhirnya buka suara soal alasannya mengeluarkan surat berisi penetapan upah minimum 2021 itu. Dilansir dari Pikiran-rakyat.com dalam artikel “Terungkap Alasan Sebenarnya Menaker Ida Tak Naikkan Upah Minimum 2021”, salah satunya adalah, adanya penurunan kondisi ekonomi Indonesia pada masa pandemi Covid-19.

Disebutnya, pertumbuhan ekonomi Indoensia pada triwulan II tumbuh minus 5,32 persen. Dari hasil survei dan analisis Badan Pusat Statistik (BPS), 82,85 persen perusahaan cenderung mengalami penurunan pendapatan.

53,17 persen di antaranya merupakan usaha menengah dan besar, sedangkan 62,21 persen adalah usaha mikro dan kecil. Kedua hasil analisi ersebut mengatakan, masalah yang dihadapi adalah kendala keuangan terkait pegawai dan operasional.

“Ini beberapa survei yang menjadi latar belakang kenapa dikeluarkan SE tersebut. Jadi intinya sebagian besar perusahaan tidak mampu membayar upah meskipun sebatas upah minimum yang berlaku saat ini,” kata Ida di Jakarta, Rabu 28 oktober 2020 dikutip dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Kondisi tersebut pun telah dibahas bersama Dewan Pengupahan Nasional (Depennas) yang terdiri atas Tripartit yaitu unsur pemerintah, serikat pekerja/buruh dan pengusaha. Menurut Ida, keputusan tak menaikkan upah minimum 2021 adalah jalan tengah yang diambil dari hasil forum tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X