Legislatif Banten akan Pantau Kucuran Kredit dari Bank Banten

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:24 WIB
ILustrasi kredit dari bank. (Pixabay)
ILustrasi kredit dari bank. (Pixabay)

REFERENSI BERITA - Ketua Komisi III DPRD Banten, M Faizal meminta Direksi Bank Banten lebih selektif dalam memberikan kucuran dana atau pinjaman kepada lembaga, atau pihak-pihak tertentu.

Tujuannya, agar tidak ada lagi kredit macet atau fiktif di bank plat merah tersebut. Manurut dia, dari sejumlah perusahaan daerah milik Pemprov Banten, yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah Bank Banten.

"Sekarang saya sudah tahu PT Jamkrido, PT Banten Global Development, PT Agrobisins Banten Mandiri itu seperti apa. Memang yang kacau ini Bank Banten," kata Faizal kepada wartawan saat dihubungi pada Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Diduga ada Permainan Uang, PPDB di Tangerang jadi Temuan Ombudsman

Ia mengaku sudah meminta jajaran Direksi dan Komisaris Bank Banten untuk meningkatkan kinerjanya ke arah yang lebih baik.

"Ada beberapa hal yang menjadi penekanan kami. Pertama rasio pinjaman terhadap jaminan. Kedua kredit, kemudian ketiga jumlah dana pihak ketiga keempat kredit yang bermasalah, dan masalah beban operasional Bank Banten," kata politisi Partai Golkar ini.

Terkait dengan kredit macet, pihaknya meminta kepada jajaran Direksi Bank Banten untuk mengedepankan aturan perbankan. Sehingga, pemberian pinjaman kepada pihak lain dalam proses perjalanannya tidak ada kendala dan hambatan.

"Kalau kredit macet saat ini kan kebanyakan peninggalan zaman dulu. Saat Bank Banten belum diakuisisi dari Bank Pundi kan, banyak meninggalkan warisan kredit macet. Dan itu kami meminta agar manajemen bank dapat menyelesaikannya satu per satu," tegasnya.

Baca Juga: Massa Asal Banten Aksi di Monas, Minta Mendagri dan Presiden Evaluasi Penjabat Gubernur

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X