• Senin, 28 November 2022

Ombudsman Mangkir Empat Kali Sidang, Presiden Diminta Turun Tangan

- Senin, 19 September 2022 | 20:21 WIB
Logo Ombudsman Republik Indonesia. (ombudsman.go.id)
Logo Ombudsman Republik Indonesia. (ombudsman.go.id)

REFERENSI BERITA - Presiden Jokowi diminta untuk memerintahkan langsung Ombudsman RI agar menghadiri panggilan persidangan sebagai tergugat dalam perkara Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan Dugaan Maladministrasi Dalam Proses Pengangkatan Penjabat (Pj) Kepala Daerah Nomor Register: 0583/LM/VI/2022/JKT.

Permintaan itu disampaikan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengingat posisi Presiden merupakan atasan langsung dari Ombudsman RI.

Selain itu, pihak PTUN Jakarta juga sebelumnya sudah mengirimkan surat yang ditujukan kepada Ombudsman RI dan ditembuskan ke Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kanwil Kemenag Provinsi Banten Bakal Terus Didemo

"Mereka tetap tidak hadir sampai empat kali berturut-turut dan selalu bersurat dengan alasan ketidakhadirannya karena menganggap jika Ombudsman RI punya hak imunitas sebagaimana ketentuan Pasal 10 UU 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI," kata penggugat Ombudsman RI, Ojat Sudrajat pada Senin, 19 September 2022 dalam keterangan tertulisnya yang diterima Referensi Berita.

Ojat mengungkapkan, hari ini Ombudsman RI tidak hadir untuk keempat kalinya pada persidangan dengan nomor perkara: 286/G/2022/PTUN. JKT itu.

Persidangan yang dilaksanakan di ruang Tirta itu dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Himawan Krisbiantono dan dihadiri lengkap dua hakim anggota yakni, Oktova Primasari dan Ni Nyoman Vidia Ayu Purbasari.

Baca Juga: Dinilai tak Mampu Bekerja, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Didesak Mundur

"Persidangan hari ini di PTUN Jakarta menilai jika gugatan penggugat telah sempurna dan ketua majelis hakim yang menyidangkan perkara a quo telah membubuhkan paraf dan acc pada copy gugatan dari penggugat," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rukman Nurhalim Mamora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikita Mirzani Ditahan Kejari Serang

Selasa, 25 Oktober 2022 | 18:52 WIB

Terpopuler

X