• Selasa, 17 Mei 2022

Soal Podcast Bisnis Luhut di Papua, Fatia dan Haris Didatangi 5 Polisi, KontraS: Stop Kriminalisasi Aktivis!

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:18 WIB
Polisi Berusaha Jemput Fatia dan Haris Azhar Untuk Diperiksa
Polisi Berusaha Jemput Fatia dan Haris Azhar Untuk Diperiksa

REFERENSI BERITA - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) tidak terima soal penangkapan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti dan Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar.

Kontras mengungkapkan saat ini, Fatia Maulidiyanti dan Haris Azhar didatangi oleh 4 orang Polisi Polda Metro Jaya pada Selasa, 18 Januari 2022 dini pagi pukul 07.45 WIB di tempat kediaman mereka.

Kedatangan pihak kepolisian itu dilakukan guna untuk diminta keterangan Fatia dan Haris dalam hal laporan yang dibuat oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: 6 Perilaku Toxic yang Mungkin Tidak Disadari ada di Diri Kita, Berikut Cara Mengatasinya

Namun atas kedatangan pihak kepolisian tersebut, Fatia dan Haris menolak untuk dibawa tanpa didampingi oleh pihak kuasa hukum dan mereka memilih untuk datang sendiri ke Polda Metro Jaya siang tadi, pukul 11.00 WIB.

Melihat hal tersebut, KontaS merasa tidak terima atas pemanggilan Fatia Maulidiyanti dan Haris Azhar yang dinilainya telah mekakukan paksaan dan kesewenangan serta melakukan ancaman terhadap kebebasan berekspresi.

"Stop kriminalisasi aktivis! Apa yang dilakukan oleh kepolisian ini adalah bentuk ancaman terhadap kebebasan berkekspresi dan menyatakan pendapat, yang dilindungi oleh konstitusi," katanya yang dikutip Referensi Berita.com dari kontras.update, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: KMS Banten Kecam Pembebasan Dua Pelaku Pemerkosaan terhadap Gadis Difabel

Diketahui, penangkapan Fatia Maulidiyanti dan Haris Azhar oleh Polisi Polda Metro Jaya tersebut, terkait kaus podcast soal bisnis Luhut Binsar Pandjaitan di Papua, melalui channel YouTube Haris, 20 Agustus 2021 yang lalu.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X