• Kamis, 20 Januari 2022

Tindak Kekerasan pada Tahanan di Medan Menuai Kecaman

- Kamis, 2 Desember 2021 | 14:54 WIB
Waka Polrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji bersama Kasat Reskrim Kompol Muhammad Firdaus merilis kasus tewasnya tahanan Hendra Syahputra./M. Suhandi Nasution  (Rienews)
Waka Polrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji bersama Kasat Reskrim Kompol Muhammad Firdaus merilis kasus tewasnya tahanan Hendra Syahputra./M. Suhandi Nasution (Rienews)

REFERENSI BERITA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengecam adanya dugaan aksi penganiayaan kepada tahanan.

Pernyataan tersebut diungkapkan karena seorang tahanan kasus pencabulan berinisial HS di sel Satreskrim Polrestabes Medan meninggal dunia pada Rabu, 24 November 2021.

Dia meninggal di Rumah Sakit Bhayangkara diduga akibat penganiayaan dalam sel lantaran tak memberikan uang keamanan.

Politisi Partai NasDem ini pun meminta kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus itu hingga tuntas.

Baca Juga: Tagar Bubarkan Reuni Kadrun 212 Jadi Trending Topik di Twitter, Ini Alasannya

"Karenanya, saya minta kepada pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini, cari siapa dalang dari penganiayaan tersebut karena ini sama saja dengan kasus pembunuhan,” papar Sahroni, seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Kamis, 2 Desember 2021.

Dirinya menegaskan, bahwa tindakan kekerasan tidak pernah dibenarkan meskipun itu kepada tahanan sekalipun. Menurutnya semua warga negara setara di muka hukum.

“Saya sangat mengecam adanya aksi penganiayaan di dalam sel tahanan, apalagi ini sampai menyebabkan tewasnya seseorang. Tidak ada pembenaran perilaku kekerasan maupun penyiksaan di lapas terhadap siapa pun tahanannya, apa pun kasus mereka, karena semua memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum," tandasnya.

Baca Juga: Akademisi UNMA Sambut Baik Kerja Sama Pelestarian Lingkungan

Halaman:

Editor: Asep Rizal Murtadho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X