• Senin, 18 Oktober 2021

Polda Metro Jaya Tangkap Sindikat Skimming Mesin ATM Jaringan Internasional, Begini Cara Kerjanya

- Kamis, 16 September 2021 | 21:44 WIB
Konferensi Pers Polda Metro Jaya (tangkap layar/ kanal YouTube Polda Metro Jaya)
Konferensi Pers Polda Metro Jaya (tangkap layar/ kanal YouTube Polda Metro Jaya)

REFERENSI BERITA- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kejahatan pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) melalui modus skimming yang melibatkan jaringan Internasional.

Sebelumnya, Tim Subdit IV Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengamankan tiga pelaku yang di antaranya adalah dua Warga Negara Asing (WNA) dari Belanda dan Rusia.

Dilansir Referensi Berita pada konferensi Pers Polda Metro Jaya dikanal YouTube Polda Metro Jaya pada Kamis, 16 September 2021, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sindikat ini menggunakan alat skimming yang canggih yang bisa diletakan di dalam mesin ATM.

Baca Juga: Penting! Begini Ternyata Hak-Hak Seseorang Ketika Ditangkap Polisi

Cara kerja alat ini yaitu dengan cara merekam data dari kartu ATM milik korban saat kartu tersebut digunakan di mesin ATM yang sudah ditempel mesin skimming.

"Awalnya ada sindikat di ATM yang memang mencuri data nasabah bank menggunakan skimming yang ada. Terdapat alat yang dia pasang di ATM tersebut untuk mencuri data," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus

Lebih lanjut, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan jika ada dua WNA berperan mengambil kartu blank card yang sudah diisi data korban dan melakukan transfer ke rekening penampung tersangka WNI serta mengambil uang untuk jatah dari tersangka.

Baca Juga: Polisi Amankan Tiga Warga Main Judi di Depan Kantor Desa

"Jadi di dalam ATM dipasang alat khusus. Saat nasabah ambil uang masuk ke dalam ATM, data yang ada di kartu nasabah terekam masuk ke alat tersebut," kata Yusri.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejati Banten Tahan Dua Tersangka Kasus Dugaan FS Fiktif

Senin, 27 September 2021 | 23:27 WIB

Pergoki Maling Motor, Warga Cikeusal Dibacok

Selasa, 14 September 2021 | 20:26 WIB

Lagi, KPK Periksa Dua Pegawai Dindikbud Provinsi Banten

Selasa, 14 September 2021 | 13:32 WIB
X