• Senin, 18 Oktober 2021

Begini Sanksi Jika Ada Kandungan Tak Halal Pada Produk Bersertifikat Halal

- Senin, 13 September 2021 | 02:33 WIB
lebel halal majlis ulama indonesia (mui.or.id)
lebel halal majlis ulama indonesia (mui.or.id)

REFRENSI BERITA- Pengaturan secara rinci dan detail tentang produk halal, terdapat di dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Dalam UU tersebut, yang disebut dengan jaminan produk halal (JPH) adalah kepastian hukum terhadap kehalalan suatu produk yang dibuktikan dengan halal">sertifikat halal.

Adapun yang dimaksud dengan produk dan halal">sertifikat halal adalah pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), berdasarkan fatwa halal tertulis yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga: Satgas Covid 19 Pandeglang Ancam Berikan Sanksi Tegas bagi Pelanggar Prokes

Pelaku usaha yang telah memegang halal">sertifikat halal wajib menjaga kehalalan produk, dalam hal ini berarti pelaku usaha tersebut harus menjamin bahwa produk yang dijualnya tidak mengandung bahan yang diharamkan.

Jika kemudian ditemukan bukti bahwa terdapat kandungan tidak halal (haram) dalam produk yang telah bersertifikat halal, pelaku usaha yang bersangkutan dapat dijerat pidana penjara maksimal 5 tahun atau pidana denda maksimal Rp 2 miliar.

Hal ini seperti dilansir Referensi Berita dari laman resmi law-justice.co pada Senin, 12 September 2021. Untuk itu, agar kasus tersebut dapat diproses sesuai hukum pidana, kita dapat melaporkan dugaan tersebut ke kepolisian.

Baca Juga: Ini Sanksi dari Menteri PAN-RB bagi ASN yang Menolak Divaksin

Adapun mengenai prosedur melaporkan dugaan tindak pidana ke kepolisian dapat kita simak di Mau Melaporkan Tindak Pidana ke Polisi?, begini Prosedurnya.

Halaman:

Editor: Suardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejati Banten Tahan Dua Tersangka Kasus Dugaan FS Fiktif

Senin, 27 September 2021 | 23:27 WIB

Pergoki Maling Motor, Warga Cikeusal Dibacok

Selasa, 14 September 2021 | 20:26 WIB

Lagi, KPK Periksa Dua Pegawai Dindikbud Provinsi Banten

Selasa, 14 September 2021 | 13:32 WIB
X