• Senin, 18 Oktober 2021

Kenali Tiga Ciri Utama KPK Sebagai Komisi Negara Independen

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:21 WIB
Gedung KPK. (Pikiran Rakyat/Dhemas Reviyanto)
Gedung KPK. (Pikiran Rakyat/Dhemas Reviyanto)

REFERENSI BERITA - Beberapa waktu lalu, Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) Zaenur Rohman menyoroti pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi salah satu indikasi tergerusnya independensi KPK.

"Kalau kita lihat independensi KPK banyak digerus UU Nomor 19 Tahun 2019, karena dalam pengelolaan SDM di KPK tidak bisa lagi dikatakan independen, di situ ada kewenangan lembaga-lembaga lain," kata Zaenur dalam diskusi virtual di kanal YouTube Sahabat ICW, Selasa, 10 Agustus 2021 lalu.

Berkaitan dengan itu, Profesor Jimly Asshidiqie menyatakan, bahwa konsep dari pembagian kekuasaan oleh Montesquieu sudah tidak relevan pada kondisi saat ini, dengan mengingat setiap organ yang ada tidak mungkin tidak berurusan dengan organ lainnya.

Baca Juga: Ivan Gunawan Unggah Foto Bersama Ayu Ting Ting, Netizen Doakan Berjodoh

Menurutnya, hal ini dikarenakan dalam konteks varian ketatanegaraan modern yang ada di Indonesia lembaga/komisi negara independen di antaranya seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan instrumen yang utama dalam mewujudkan cita-cita negara hukum yang demokratis dan berdasarkan hukum.

Dilansir dari akun Instagram @gejayanmemanggil pada Kamis, 26 Agustus 2021, berikut ini adalah tiga ciri utama KPK sebagai komisi negara independen:

1. Dasar hukum pembentukan KPK menyatakan secara tegas kemandirian/independensi dari komisi negara tersebut terkait dalam menjalankkan tugas dan fungsinya.

Baca Juga: Kenali Kedudukan Madu sebagai Obat dalam Islam Menurut dr. Zaidul Akbar

2. Independen diartikan bebas dari pengaruh, kehendak, kontrol dari kekuasaan manapun.

Halaman:

Editor: Asep Rizal Murtadho

Tags

Terkini

Kejati Banten Tahan Dua Tersangka Kasus Dugaan FS Fiktif

Senin, 27 September 2021 | 23:27 WIB

Pergoki Maling Motor, Warga Cikeusal Dibacok

Selasa, 14 September 2021 | 20:26 WIB

Lagi, KPK Periksa Dua Pegawai Dindikbud Provinsi Banten

Selasa, 14 September 2021 | 13:32 WIB
X